Jalan-Jalan di Ambon Bikin Gak Mau Pulang!

Pulau kecil di tengah laut, rujak khas Ambon, hingga tempat-tempat bersejarah lainnya menahan saya untuk pulang ke Jakarta. Jalan-jalan di Ambon memang bikin gak mau pulang!

Backpacking, Backpacker, Jalan-Jalan, Ambon Manise, Traveling, Traveler, Ambon, Maluku, Baronda Maluku, Visit Ambon, Kota Ambon, Kapiten Pattimura, Oleh-Oleh Ambon

Tulisan Ambon Manise di Lapangan Merdeka, Pusat Kota Ambon.

Halo sobat traveler, lama gak mengupdate “rumah indah” ini. Kenapa? Ya, tiga minggu yang lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi tanah Timur yang terkenal dengan pahlawan Kapiten Pattimura. Ambon! Beta pung akhirnya bisa menginjakkan kaki di kota yang berjuluk Ambon Manise ini. Berawal dari kegiatan organisasi saya yaitu sebagai delegasi Mapala UI di acara pertemuan mahasiswa pencinta alam se-Indonesia tanggal 20-27 November 2013 lalu, akhirnya saya menyambangi dan berjalan-jalan di sana.

Diantara senang dan sedih karena saya tidak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk tiket pesawat dan akomodasi tapi untuk urusan uang jajan saya pun akhirnya merasakan menjadi low cost traveler. Namun hal itu tidak terlalu saya pikirkan karena asas kekeluargaan antara mahasiswa pencinta alam sangat kuat. Jadi untuk masalah penginapan saya menumpang di sekretariat organisasi mahasiswa pencinta alam fakultas hukum Universitas Pattimura. Teman-teman saya asli Ambon pun dengan senang hati mengantarkan saya ke tempat-tempat wisata di Ambon.

Mungkin sobat traveler jika mendengar kata Ambon langsung terpikirwah ambon masih rusuh gak ya? Sereem ah main ke sana” . Jawabannya adalah salah besar! Bagi saya, Ambon itu romantis! Destinasi wisatanya sangat indah dan juga seolah menahan saya untuk tidak beranjak pulang. Pulau Ambon yang sekilas jika sobat traveler lihat dari peta seperti berbentuk huruf H. Sepanjang jalan yang mengitari pulau ini terdapat pantai-pantai yang indah. Agak mblusuk ke tengah Pulau Ambon berbagai tempat-tempat bersejarah dapat dikunjungi.

This slideshow requires JavaScript.

Ambon juga terkenal dengan monumen pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Ya, sebut saja Kapiten Pattimura dan Christina Martha Tiahahu diabadikan jasanya lewat monumen yang berada di Kota Ambon. Mengunjungi monumen tersebut seakan mengingatkan bagaimana sang pahlawan dari Ambon berjuang melawan para penjajah. Masih dalam lingkup wisata sejarah, ada juga benteng di ujung sebelah utara Pulau Ambon. Benteng itu adalah Benteng Amsterdam. Benteng yang dibangun oleh VOC untuk kantor dagang di wilayah Ambon.

Berjalan-jalan menikmati Ambon sudah pasti akan membuat perut keroncongan. Nah, kuliner khas Ambon juga gak kalah lezatnya dengan kuliner di tanah Jawa. Sobat traveler pasti sudah pernah dengar kuliner Ambon namanya Papeda. Bagi yang belum tahu Papeda itu berbahan dasar sagu tapi rasanya itu mantap deh. Sluuuuurpph. Begitu bunyinya ketika dimakan dengan ikan kuah kuning.

Wah pasti sobat traveler penasaran dengan semua cerita-cerita perjalanan saya ketika di Ambon. Nah saya akan bagikan cerita perjalanan saya setelah postingan ini. Jadi, tetep stay tune ya di blog saya. Mudah-mudahan bisa menginspirasi untuk mencoba main ke Ambon. Ambon memang gak ada habisnya untuk dieksplor.

8 thoughts on “Jalan-Jalan di Ambon Bikin Gak Mau Pulang!

Leave a Reply

