Oleh-Oleh dari Kapal Feri KMP Bontobaharu Bira – Selayar, Sulawesi Selatan

Indonesia terkenal sejak dahulu kala merupakan negeri maritim atau juga dikenal dengan negara bahari. Gugusan pulau terbentang dari ujung barat ke ujung timur yang memiliki berbagai variasi ukuran. Dengan karateristik negara kepulauan tersebut, maka jenis transportasi yang sering digunakan untuk berpindah pulau selain melalui udara juga melalui laut. Transportasi laut tersebut digunakan untuk menyeberang antarpulau untuk berbagai kegiatan masyarakat di Indonesia. Dalam perjalanan sejarahnya, kapal-kapal yang ada di Indonesia pernah digunakan untuk keperluan berdagang, perang maupun tranportasi lokal.

Perjalanan menyeberang antar pulau menggunakan kapal laut memiliki pengalaman keindahan tersendiri. Setiap detil peristiwa yang terjadi di atas kapal laut memiliki keunikan tersendiri jika kita amati dan tangkap secara seksama. Mulai dari hilir mudik kendaraan yang keluar masuk kapal feri, pemandangan laut lepas, pulau-pulau yang terhampar sepanjang perjalanan, suasana penumpang di dalam kapal hingga golden time di atas kapal. Hal-hal tersebut sangat menarik untuk kita abadikan sebagai cinderamata yang tak terlupakan.

Pelabuhan Bira, Selayar, Sulawesi Selatan, Makassar, Pecinta Alam, KMP Bontobaharu, Kapal Feri, Visit Makassar, Wisata Alam, Wisata Bahari, Pelabuhan Tanjung Bira, Pelabuhan Pamatata

Dari atas kapal feri KMP Bontobaharu, ujung Pulau Sulawesi dapat dilihat dengan indahnya. Warna air lautnya yang biru jernih menambah indahnya Pelabuhan Bira ini.

Pelabuhan Bira, Selayar,  Sulawesi Selatan, Makassar, Pecinta Alam, KMP Bontobaharu, Kapal Feri, Visit Makassar, Wisata Alam, Wisata Bahari, Pelabuhan Tanjung Bira, Pelabuhan Pamatata

Pelabuhan Bira mempunyai sisi lain keindahan di samping fungsi utamanya sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal di Selatan Sulawesi.

Setelah menjelajahi keindahan Pantai Tanjung Bira dan melihat pembuatan perahu tradisional Phinisi di Bulukumba, kali ini saya berkesempatan menyeberang ke Pulau Selayar. Saya menggunakan kapal feri yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Bira menuju Pelabuhan Pamatata di Selayar. Kapal feri yang saya gunakan untuk menyeberang dari Bira menuju Selayar adalah KMP Bontobaharu. Dengan harga tiket penyeberangan setiap orang di luar kendaraan sebesar Rp 20.000, perjalanan kali ini meninggalkan kesan yang sangat luar biasa.

KMP-kapal motor penumpang- Bontobaharu merupakan kapal feri yang berangkat secara rutin yang melayani perjalanan penyeberangan Bira-Selayar. KMP Bontobaharu sendiri menyediakan perjalanan penyeberangan pertama dari Bira-Selayar pukul 09.00 dan penyeberangan kedua pukul 16.00. Para penumpang biasanya menggunakan jasa penyeberangan untuk berwisata ke Selayar maupun ke arah Makassar, membawa barang dagangan, ataupun kegiatan rutin sehari-hari.

Pelabuhan Bira, Selayar, Sulawesi Selatan, Makassar, Pecinta Alam, KMP Bontobaharu, Kapal Feri, Visit Makassar, Wisata Alam, Wisata Bahari, Pelabuhan Tanjung Bira, Pelabuhan Pamatata

Di sekitar Pelabuhan Bira terdapat beberapa kapal kecil yang karam. Menurut informasi dari warga sekitar, kapal-kapal tersebut merupakan milik nelayan yang dibiarkan karam karena sudah rusak.

Pelabuhan Bira, Selayar, Sulawesi Selatan, Makassar, Pecinta Alam, KMP Bontobaharu, Kapal Feri, Visit Makassar, Wisata Alam, Wisata Bahari, Pelabuhan Tanjung Bira, Pelabuhan Pamatata

Para calon penumpan kapal feri KMP Bontobaharu terlihat sedang menunggu keberangkatan. Para calon penumpang ini berasal dari penduduk di Pulau Sulawesi maupun Selayar.

Pagi hari ditemani eksotisnya Pantai Bira, saya bersiap menaiki KMP Bontoharu yang akan angkat jangkar untuk mengarungi laut menuju Pelabuhan Pamatata. Sebelum menaiki kapal feri ini, tak lupa saya membeli tiket yang berada tak jauh dari Pelabuhan Bira. Suasana Pelabuhan Bira pagi hari sudah terlihat ramai dengan para calon penumpang baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kendaraan berbaris dengan rapi bersiap memasuki kapal feri sementara calon penumpang sebagian sudah bersiap di pinggir dermaga untuk menyambut datangnya kapal. Saya sendiri menikmati suasana keramaian di ujung selatan Pulau Sulawesi ini. Terlihat pasir putih yang menghampar di pinggir pelabuhan pulau ini menambah eksotisnya suasana. Sejauh mata memandang, pemandangan dari atas kapal feri sudah dipenuhi dengan air laut yang berwarna biru berkilau karena terpantul sinar matahari. Kapal-kapal para nelayan yang tak berlayar pun berjajar di pinggir dermaga.

Pelabuhan Bira, Selayar, Sulawesi Selatan, Makassar, Pecinta Alam, KMP Bontobaharu, Kapal Feri, Visit Makassar, Wisata Alam, Wisata Bahari, Pelabuhan Tanjung Bira, Pelabuhan Pamatata

Terlihat nakhoda mengemudikan kapal ruang nakhoda KMP Bontobaharu. Ruang nakhoda ini terletak di bagian atas kapal feri KMP Bontobaharu.

Pelabuhan Bira, Selayar,  Sulawesi Selatan, Makassar, Pecinta Alam, KMP Bontobaharu, Kapal Feri, Visit Makassar, Wisata Alam, Wisata Bahari, Pelabuhan Tanjung Bira, Pelabuhan Pamatata

Untuk membunuh waktu, para penumpang melakukan berbagai aktifitas di dek penumpang KMP Bontobaharu. Sebagian ada yang tidur, bercengkrama dengan para penumpang yang lain. Yang unik di sini, sesama penumpang terasa seperti keluarga dekat walaupun tak kenal. Semua berbincang-bincang dengan akrab.

Tepat pukul 09.00, KMP Bontobaharu  berjalan meninggalkan Pelabuhan Bira. Tempat duduk penumpang kelas ekonomi terisi penuh. Kelas eksekutif yang harga tiketnya berbeda Rp 10.000 juga penuh. Penumpang-penumpang KMP Bontobaharu terlihat mengisi waktu tempuh penyeberangan ini dengan berbagai macam kegiatan. Saya pun tak mau kalah, tujuan saya adalah naik ke bagian paling atas kapal. Di bagian atas kapal ini saya melihat hamparan lautan biru yang tak berujung. Kadang terlihat pulau-pulau kecil yang menyembul ke atas laut. Pulau-pulau tersebut merupakan gugusan pulau yang ada diantara Pulau Sulawesi dan Pulau Selayar. Menurut penduduk sekitar, di sekitar pulau-pulau tersebut terdapat titik-titik untuk menyelam yang kaya akan keindahan bawah lautnya.

Pelabuhan Bira, Selayar, Sulawesi Selatan, Makassar, Pecinta Alam, KMP Bontobaharu, Kapal Feri, Visit Makassar, Wisata Alam, Wisata Bahari, Pelabuhan Tanjung Bira, Pelabuhan Pamatata

Terlihat pulau yang mempunyai panjang sekitar 117 km ini dari kapal feri KMP Bontobaharu. Pulau ini bernama Pulau Selayar. Siang hari yang cerah di atas kapal membuat pemandangan semakin indah.

Pelabuhan Bira, Selayar, Sulawesi Selatan, Makassar, Pecinta Alam, KMP Bontobaharu, Kapal Feri, Visit Makassar, Wisata Alam, Wisata Bahari, Pelabuhan Tanjung Bira, Pelabuhan Pamatata

Pelabuhan Pamatata merupakan pelabuhan yang ada di Pulau Selayar. Pelabuhan ini merupakan pintu masuk menuju Selayar.

Pagi berganti siang, perjalanan dengan kapal feri ini hampir tak terasa sudah sampai di pelabuhan seberang. Jam di tangan menunjukkan pukul 11.50 dan Pelabuhan Pamatata sudah di depan mata. Kapal segera merapat ke tepi pelabuhan dan terlihat para calon penumpang yang akan menyeberang ke Makassar sudah menunggu. Perjalanan perdana menaiki feri ini bagi saya sungguh mengesankan. Sobat traveler yang gemar memotret lanskap laut harus mencoba transportasi laut ini.

11 thoughts on “Oleh-Oleh dari Kapal Feri KMP Bontobaharu Bira – Selayar, Sulawesi Selatan

  1. Tsahhh…baru aja kemaren dari sini dan kecewa karena nggak sempet nyebrang ke Selayar, huks. Itu jadwalnya nggak tiap hari tapi ya? Trus kemaren ngobrol sama bule, ada yang mau naik kapal dari sini langsung ke Flores lho…2 malem di kapal…Bikin ngiler aja…

  2. wahh mantap mba tapi sayang banget ga nyebrang.. setiap ghari kok mba, 2 kali sehari.. ohh mungkin cuacanya lagi gak bagus jadi ga nyebrang tiap hari.. kalo di Selayar terkenal ada namanya angin barat.. jadi penyebrangan feri pun jadi tertanggu.. ohh iya ada itu , waktu itu saya juga ngobrol.. dia mau ke flores.. saya juga ada rencana live on board dari Bira ke Labuan Bajo .. asiik itu.. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s