Tenteng Kenari dan Emping Melinjo: Oleh-Oleh Khas Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan

Emping Melinjo, Kue Tenteng Kenari, Kabupaten Kepulauan Selayar, Kota Benteng, Makanan khas Selayar, Oleh-oleh khas, Buah Tangan, Olahan Buah Kenari, Olahan Buah Melinjo, Makassar, Sulawesi Selatan Wisata Kuliner

Pulau Selayar menawarkan keindahan alam dan budayanya tetapi juga menawarkan kelezatan makanan oleh-olehnya.

Mendengar kata Kepulauan Selayar pasti sobat traveler teringat dengan pulau yang berada di selatan Pulau Sulawesi yang mempunyai spot-spot diving indah. Ya benar tempat menyelam ini berada di kawasan Taman Nasional Takabonerate yang merupakan karang atol terbesar ketiga di dunia yaitu setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Moldiva. Di samping tempat-tempat yang indah tersebut, wisata kuliner juga tak kalah menariknya untuk kita nikmati. Di Kecamatan Benteng, Kep. Selayar, kita dapat mendapatkan buah tangan khas tempat ini. Makanan ini disebut oleh penduduk Selayar yaitu Tenteng Kenari dan Emping Melinjo. Harga oleh-oleh khas Selayar ini relatif cukup murah dengan harga berkisar Rp 15.000 – Rp 35.000 .

Emping Melinjo, Kabupaten Kepulauan Selayar, Makassar, Sulawesi Selatan, Kota Benteng, Makanan khas Selayar, Oleh-oleh khas, Buah Tangan, Olahan Buah Melinjo, Wisata Kuliner

Emping Melinjo merupakan hasil olahan lain dari emping yang biasanya berasa asin tapi Emping khas Selayar ini berasa manis.

Menurut penduduk Selayar yang saya tanya tentang keripik emping ini, Kripik Emping berasal dari Kabupaten Selayar ini terkenal sangat gurih dan juga tidak menggunakan zat-zat berbahaya. Untuk proses pembuatannya, Keripik Emping ini berbahan dasar kulit buah melinjo yang dipetik dari pohonnya langsung dan langsung diolah menjadi kripik oleh penduduk Selayar. Berdasarkan informasi dari seorang teman yang merupakan penduduk asli Selayar, proses pembuatan keripik melinjo membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 3 hari baru bisa kita nikmati hasilnya. Prosesnya dikerjakan secara tradisional di industri rumahan penduduk sekitar. Pertama-tama bahan dasar keripik, buah melinjo dipetik dari pohonnya dan direndam sekitar 2-3 hari sampai kuli luarnya lembek dan terkelupas. Kemudian biji melinjo yang sudah terpisah dari kulitnya dijemur sekitar 1 hari dan setelah kering digoreng tanpa menggunakan minyak goreng. Setelah biji melinjo digoreng, tumbuk menggunakan palu dengan menggunakan plastik di atasnya agar tidak kotor. Proses terakhir emping yang sudah ditumbuk tadi dijemur lagi dan setelah itu siap untuk di goreng. Kripik emping biasanya ditaburi dengan gula merah ketika digoreng menggunakan minyak agar rasanya tambah gurih. Emping yang tebal semakin terasa gurihnya dibanding yang tipis. Gula merah menambah gurihnya emping dengan rasa yang manis. Oleh-oleh ini dapat dibeli di pasar Kota Benteng yang tak jauh dari Alun-Alun Kota Benteng.

Kue Tenteng Kenari, Kabupaten Kepulauan Selayar, Makassar, Sulawesi Selatan, Kota Benteng, Makanan khas Selayar, Oleh-oleh khas, Buah Tangan, Olahan Buah Kenari, Wisata Kuliner

Kue Tenteng Kenari adalah khas daerah Selayar dengan rasanya yang manis.

Selain Emping Melinjo, ada juga kue khas Selayar yaitu Tenteng Kenari. Tenteng kenari yang terbuat dari kenari ini sangat digemari oleh wisatawan asing yang datang ke Pulau Selayar. Shane, seorang teman yang bernama yang saya kenal di kapal feri saat menyeberang dari Pelabuhan Pamatata menuju Pelabuhan Tanjung Bira pun mengakuinya .Dia dan anaknya sangat suka dengan kue Tenteng Kenari. Dia adalah wisatawan berasal dari Inggris yang tinggal sementara di Selayar. Proses pembuatan kue Tenteng Kenari tidak terlalu sulit. Tenteng Kenari terbuat dari biji kenari yang dikupas kulitnya kemudian dimasak dengan lumeran gula merah. Gula merah dididihkan dahulu dengan air panas dan diaduk hingga mengental lalu biji kenari dimasukkan dan dicetak ketika masih panas dengan sendok makan lalu didinginkan hingga mengeras . Cukup dengan bermodalkan gula merah dan peralatan masak yang sederhana kue ini dapat kita buat. Namun pasti hasilnya berbeda rasanya dengan hasil olahan tangan-tangan penduduk Selayar. Kue ini banyak dijual di pasar sentral Kabupaten  Selayar tapi uniknya tidak ada di daerah lain. Karena itulah Tenteng Kenari menjadi kue khas dari Selayar. Kue Tenteng Kenari ini dijual per kotak dengan harga Rp 15.000 – Rp 20.000. Harga yang cukup bersahabat untuk para sobat traveler yang berkantong tipis.

Jadi ketika sobat traveler berada di Kota Benteng, Selayar jangan lupa membeli oleh-oleh makanan khas Selayar untuk keluarga, teman-teman dan juga sahabat kita tercinta karena kue ini tidak akan ditemukan di manapun bahkan di kota Makassar sekalipun.

2 thoughts on “Tenteng Kenari dan Emping Melinjo: Oleh-Oleh Khas Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s